Senin, 03 September 2012

TandaTandaCinta_ada20.???

Posted by Nis |






Bismillah…,
Segala puji milik Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang..

Abdullah Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda pada kami: “Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.” (Muttafaq Alaihi.)

Galau tentang cinta, memang tak pernah ada habisnya. Selalu menjadi permasalahan yang kompleks bagi setiap hati yang disapa virus berbahaya ini, yang bernama asmara. Ehhemmm,.

Bahasan seputar cinta lagi.?? Yak, kali ini ada sebuah buku menarik yang berjudul Raudhatul Muhibbiin (Taman Orang-orang Jatuh Cinta) karangan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah yang membahas beberapa hal tentang cinta. Dan yang akan saya bagi di sini adalah bab mengenai Tanda-Tanda Cinta. Apa sajakah itu.?? Hemm…

1.      Menghujamkan pandangan mata kepada yang dicintainya.
2.      Malu-malu jika orang yang mencintai memandangnya.
3.      Senantiasa menyebut orang yang dicintai.
4.      Selalu taat terhadap perintah sang kekasih.
5.      Sabar terhadap gangguan dari orang yang dicintai.
6.      Memperhatikan perkataan orang yang dicintai dan mendengarkannya.
7.      Mencintai tempat tinggal dan rumah orang yang dicintai.
8.      Segera menghampiri orang yang dicintai.
9.      Mencintai apa pun yang dicintai oleh sang kekasih.
10.  Jalan yang dilalui terasa pendek sekalipun panjang saat mengunjungi orang yang dicintai.
11.  Salah tingkah jika sedang mengunjungi orang yang dicintai atau sedang dikunjungi oleh orang yang dicintai.
12.  Kaget dan  gemetar tatkala berhadapan dengan orang yang dicintai atau tatkala mendengar namanya disebut.
13.  Cemburu kepada orang yang dicintai.
14.  Rela berkorban untuk mendapatkan keridlaan orang yang dicintai.
15.  Menyenangi apapun yang disenangi oleh orang yang dicintainya.
16.  Suka menyendiri dari manusia.
17.  Tunduk dan  patuh kepada orang yang dicintai.
18.  Helaan nafas yang lebih panjang dan lebih sering.
19.  Menghindari hal-hal yang bisa merenggangkan hubungan dengan orang yang dicintainya, dan menyenangi hal-hal yang bisa mendekatkan dirinya dengan kekasihnya.
20.  Adanya kecocokan antara orang yang mencintai dan orang yang dicintai.

Bagaimana.?? Kamu merasakan sedang mengalami tanda-tanda di atas.? Ccieeeee..... Ihhirrrr.... Suit,suiitttt....

Sengaja memang tidak diuraikan satu per satu dari poin-poin di atas. Baca sendiri ya... he... he..

Jadi, sama siapa nih.?? Jangan-jangan gak cuman kepada satu orang.? Waah.. bahaya. Yang terpenting, sudah siap untuk menikah belum.?

Ketika kita menyadari adanya cinta itu... apa yang harus dilakukan.? Apa langsung mendatangi yang bersangkutan, kemudian berlutut dengan setangkai mawar merah di tangan, mengatakan ‘I love U’., ‘sharanghae’., ‘wo ai ni’., atau ‘aku tresno sliramu’.? Ini versi putra. Kalau versi putri, paling menuliskan namanya di setiap kertas yang sedang dipegang, menyimpan dan memandangi foto si ikhwan, memberikan sinyal-sinyal (_bukan sinyal HP atau wifi lhoh..) kepada si ikhwan, galau... Hohho.. bukan seperti itu. Truss..gimana.?? Hweh, jadi madam cinta nih jadinya,.

Solusi dari saya yang pertama adalah; mohon petunjuk kepada Allah SWT, tentang perasaan yang sedang dirasakan. Benar kah itu cinta.?? Atau sekedar simpati.? Yah, bisa jadi itu adalah hanya simpati atau perasaan sesaat. Atau kah benar-benar cinta.? Bingung kan.? Maka dari itu perlu di clear kan. Ini biasa terjadi kepada para aktivis-aktivis kampus, yang karena intensitas kebersamaan sangat tinggi, maka tanpa disadari timbul perasaan itu. Orang Jawa bilangnya ‘tresno jalaran soko kulino’ cinta tumbuh karena kebiasaan(bersama). Dan teori ini memang benar adanya. Dari pengalaman yang pernah saya alami, kenyataannya demikian. Dalam satu organisasi, yang dilihat hanya itu-itu saja seolah disempitkan hanya dalam satu lingkup itu, komunikasi yang intens, iman sedang turun sementara syaithon dengan gencar terus melancarkan serangan, jadi lah.

Perkataan seorang saudara yang memang terbukti kebenarannya 90%; pertemanan dengan lawan jenis, hanya akan memiliki dua ujung, pertama adalah timbulnya rasa suka / cinta dari salah satu pihak saja, kedua adalah suka / cinta dua-duanya. Hayyooo... Hemmm.. Hati-hati itu perlu., sangatt perlu malah.

“Dua orang manusia, berlainan jenis, jatuh cinta. Apanya yang salah sih.? Toh, rasa suka kepada lawan jenis itu kan fithrah.” Seseorang pernah mengatakan hal semacam itu ketika saya coba tabayun. Saya jadi ingin memeluknya, mengusap kepalanya, dan mengatakan ini, ‘cinta itu memang fithrah dari Allah, sayangku.. dan dengan itu lah Allah mengujimu saat ini..’. Dan di balik ujian itu, Allah telah sediakan hadiah yang luar biasa indah jika bisa melewatinya.

Sebuah kisah nyata, saya dapat langsung dari yang bersangkutan. Seorang akhwat, dalam sebuah organisasi. Beliau seorang yang menjaga dan menjauhkan dirinya dari hal-hal yang menimbulkan murka Allah. Suatu ketika, ujian semacam ini pun diberikan Allah kepadanya. Yaitu rasa tertarik, suka kepada seorang ikhwan rekan satu timnya. Sampai, seakan-akan beliau tak mampu lagi menahan buncahan rasa cinta itu di dalam hatinya. Sebenarnya ada kesempatan, ada peluang jika ingin menurutinya. Kebetulan jabatan beliau menuntut seringnya keduanya untuk komunikasi. Namun urung dilakukannya, karena kefahaman beliau. Rasa sakit memerangi hawa nafsu jenis ini, kata beliau saaangatt luar biasa. Sampai harus berlinang airmata, sampai harus menghindar dari tugas demi meredamnya, dsb. Dan buah dari itu semua, seorang ikhwan luar biasa sebagai gantinya. Yang tidak pernah disangka dan tidak pernah dibayangkan sebelumnya.  Sebuah rumah tangga bagai taman pun terbentuk. Begitu indah...

Karena orang yang kita cintai saat ini, belum tentu dia yang akan menjadi jodoh kita.

So.?
?




----al-Mahfuzh, 3 Sept 2012----
menjelang maghrib


2 komentar:

Aa daus mengatakan...

hmm,,jd enak ni perasaan d hati baca artikel'a :),,so,,smg qt sllau dlm naungan Allah swt,,shngg setiap hal yg qt lakukan slalu sesuai tuntunan'a,,,,amin,,,

Nis mengatakan...

aamiiin...,

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger