Rabu, 06 Juni 2012

Akibat Dosa dan Maksiat

Posted by Nis |


AKIBAT DOSA DAN MAKSIAT








Sesungguhnya, dosa dan maksiat itu membahayakan dan bahaya itu selalu ada di dalam hati. Dan tidaklah ada kejelekan dan penyakit yang lebih besar yang disebabkan oleh dosa dan maksiat. Di antara contoh akibat dosa dan maksiat adalah sebagai berikut;

1.  Keluarnya Nabi Adam dan Hawa dari surga, tempat yang penuh kelezatan dan kenikmatan serta kebahagiaan dan kesenangan, menjadi tempat yang penuh kesedihan dan hal-hal yang menyakitkan.

2. Keluarnya Iblis dari kerajaan langit, diusir dan dilaknat , kemudian lahir dan batinnya diubah menjadi sesuatu yang paling jelek.

3.   Tenggelamnya semua penduduk bumi, karena air itu meninggi ke puncak gunung.

4. Kaum ‘Ad yang disapu hempasan badai hingga mereka terkapar di atas bumi dalam keadaan tewas, hingga kondisi mereka seperti batang pohon yang bertumbangan.

5. Kaum Tsamud ditimpa dengan suara petir yang sangat keras, hingga jantung mereka pecah dan akhirnya mati.

6. Diangkatnya tanah tempat tinggal kaum Luth sampai malaikat mendengar gonggongan anjing mereka. Kemudian, Allah membalikkan tanah mereka hingga tanah yang di atas menjadi di bawah, kemudian Allah membinasakan mereka semua. Tidak cukup di situ saja, Allah swt melempari dan menghujani mereka dengan baru dari langit.

7.   Allah swt mengutus awan siksaan dari langit untuk kamu Sya’aib. Ketika awan itu berada di atas mereka, Allah swt menghujankan api yang menyala untuk mereka.

8.   Qorun dibenamkan ke bumi.

9.   Beberapa generasi sesudah masa Nabi Nuh dibinasakan dengan berbagai macam siksaan dan dihancurkan hingga mereka benar-benar musnah.

10.   Dibinasakannya orang yang dikisahkan dalam surat Yaasin dengan teriakan yang sangat keras, hingga sebagian mereka mati bertumpukan di atas yang lainnya.

11.  Allah mengutus sebuah kaum yang memiliki kekuatan dahsyat di antara bani Israil. Mereka berkeliaran di antara warga. Mereka membunuh kaum lelaki dan mencaci maki perempuan. Mereka juga membakar rumah-rumah dan merampas harta penduduk. Kemudian Allah swt mengutus sebuah kaum lagi. Lalu, mereka menerima siksaan itu karena kesombongan mereka.

12.   Sebuah kaum yang diubah Allah swt menjadi kera dan babi. Di samping itu, Allah swt juga berjanji untuk mereka,
“Sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari Kiamat orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka azab yang seburuk-buruknya…” (al-A’raaf: 167)



Diambil dari kitab AL-Jawaab al-Kafi 
Karya Ibnul Qayyim



----Perpus Pusat UII., 6 Juni 2012----
Menjelang Isya'





0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger