Selasa, 17 September 2019

Ujian Yang Berbuah Manis

Posted by Nis |


بـــــــــــسم اللـــــــه الرحمـــــن الرحـــــــيم




Abu Sa’id dan abu Hurairah Radhiyallahu’anhuma  berkata bahwa Rasulullah  bersabda,

“Segala sesuatu yang menimpa seorang muslim, baik berupa rasa letih, sedih, gangguan, gundah gulana, maupun duri yang mengenainya (adalah ujian baginya). Dengan ujian itu Allah mengampuni dosa-dosanya”.
(Muttafaq ‘alaih).



 Pelajaran-pelajaran Hadits,

Pertama, Penyakit yang diderita seorang muslim dan penderitaan lain yang menimpa darinya adalah sarana untuk membersihkan dirinya dari dosa.

Kedua, Orang yang tercela adalah orang yang diharamkan dari pahala kebaikan.




Sumber: Kitab Riyadhussholihin, Imam Nawawi.




Ujian yang berbuah manis. via: whatsapp image







=====================



Kadang saya was2 jika beberapa lama tidak dikasih sakit sama Allah. Karna begitu lah kisah shahabat dulu yang pernah saya dengar. Sebab sakit adalah karunia, penggugur dosa. Jika Allah tidak berkenan kita bersih dari dosa, lantas bukan kah itu musibah.?

Tentu, sakit yang saya maksud adalah yang ringan, tidak perlu harus masuk rumah sakit. Seperti flu, bisul, digigit semut, kegores kertas, dll yang semacamnya. 

Meskipun ringan, keikhlasan membuatnya bernilai besar. Jika pertama kita sadar merasakan sakit kemudian reflek berpikirnya itu ada pahala pembersih dosa, maka hati bukan lagi mengeluh, namun bersyukur.

Misal, lagi ngucek2 cucian, kog tangan terasa kegores.., ternyata ada jarum pentul di jilbab yang lupa dilepas. Ekspresi pertama ketika melihat njlarit di jari, dan dirasa kog perih2 ennyoiiy.. dalam hati, "innalillahi.., ya Allah.. hmm gpp. semoga jd penggugur dosa. iklas ya Allah".

MaasyaAllah... syahdu lho ini. Beneran.!



Baarakallahufiiik. ^_^








***Baca juga (klik):


















-------Jakarta, 17 September 2019-------
10;26








0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger