Kamis, 26 September 2019

KEUTAMAAN MEMBERI NAFKAH KEPADA KELUARGA

Posted by Nis |

Bismillah.


Tidaklah Allah Azza wa Jalla memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintaiNya dan memiliki keutamaan di sisiNya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.

Melalui lisan RasulNya Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Allah Azza wa Jalla telah menjelaskan tentang keutamaan memberi nafkah kepada keluarga. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu” 
[HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi.]


Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Apa yang engkau berikan untuk memberi makan dirimu sendiri, maka itu adalah sedekah bagimu, dan apa yang engkau berikan untuk memberi makan anakmu, maka itu adalah sedekah bagimu, dan apa yang engkau berikan untuk memberi makan orang tuamu, maka itu adalah sedekah bagimu. Dan apa yang engkau berikan untuk memberi makan isterimu, maka itu adalah sedekah bagimu, dan apa yang engkau berikan untuk memberi makan pelayanmu, maka itu adalah sedekah bagimu”
[HR Ibnu Majah, 2138; Ahmad, 916727; dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah, 1739.]






=========================

Semangat ya para penjemput nafkah. Semoga lelahmu selalu lillah, bernilai berkah. Seumur hidupmu memberi nafkah, seumur hidupmu pula dihitung sedekah. MaasyaAllah. 









-------Jakarta, 26 September 2019-------
11;19



0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger